1.
hidup
di air tawar
2.
hidup
di air laut
3.
hidup
secara bebas
4.
hidup
secara parasit
5.
kerangka
luar dari butir-butir pasir
6.
kerangka
luar dari zat kapur
7.
kerangka
luar dari zat kersik
8.
kerangka
luar zat kitin
Ciri khusus yang dimiliki oleh hewan
Radiolaria adalah .......
A . 1, 3 dan 6 D . 2, 3 dan 7
B . 1, 3 dan 8 E . 2, 4 dan 6
C . 1, 4 dan 5
Kunci : D
Penyelesaian :
Radiolaria
adalah
salah satu jenis hewan Protozoa yang termasuk ke dalam kelas Rhizopoda,
mempunyai ciri-ciri dan sifat sebagai berikut :
-
habitat
di laut
-
hidupnya
secara bebas
-
bergerak
dengan pseudopodia
-
memiliki
penutup tubuh/kerangka luar dari zat kersik
Bila hewan
Radiolaria ini mati akan mengendap membentuk tanah radiolaria yang dapat
digunakan untuk membuat bahan penggosok/penghalus.
2 . Beberapa ciri kormofita berspora yaitu :
1.
berklorofil
2.
bentuk
daun muda menggulung
3.
jenis
akar serabut
4.
reproduksi
vegetatif dengan spora
5.
memiliki
pembuluh angkut
Faktor yang membedakan antara paku dengan
lumut adalah .......
A . 1 dan 2 D . 2 dan 5
B . 1 dan 3 E . 3 dan 4
C . 2 dan 4
Kunci : D
Penyelesaian :
Kormophyta berspora terdiri dari :
a.
Tumbuhan lumut (Bryophyta) Ciri-cirinya :
-
mempunyai daun dan batang yang sesungguhnya, organ
peresap berupa Rhizoid (semacam akar)
-
tidak
mempunyai pembuluh angkut
-
berklorofil
(zat hijau daun)
-
mengalami
metagenesis dari generasi gametofit ke generasi sporofit
-
generasi
gametofit umumya lebih panjang/dominan daripada sporofit
-
hidup
umumnya di tempat-tempat lembab
b.
Tumbuhan Paku (Pterydophyta) Ciri-cirinya :
-
mempunyai
akar, batang, dan daun yang sesungguhnya
-
mempunyai
ikatan pembuluh angkut yaitu xylem dan phloem
-
mengalami
metagenesis
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 1

-
berklorofil
(zat hijau daun)
-
hidupnya
di mana-mana (kosmopolit)
3 . Cacing tambang menginfeksi inang secara aktif
melalui .......
A . kulit D . udara pernafasan
B . air minum E . gigitan nyamuk
C . makanan
Kunci : A
Penyelesaian :
Seperti
halnya cacing perut, cacing tambang juga bersifat diosus/berumah dua. Pembuahan
terjadi secara internal yaitu di dalam alat reproduksi betina. Seekor cacing
betina dapat bertelur ± 9000 butir/hari.
Telur
yang telah dibuahi akan keluar bersama sisa-sisa pencernaan makanan/feses. Di
tempat yang sesuai, telur akan menetas menjadi larva rabditiform,
kemudian larva ini akan berubah menjadi larva filariform yang dapat
menginfeksi tubuh inang melalui kulit atau kaki.
Larva
yang masuk ke tubuh inang akan beredar mengikuti aliran darah ke hati, jantung.
paru-paru, trakea, faring, faring, esofagus, dan akhirnya ke usus. Di dalam
usus, cacing tumbuh menjadi dewasa dan hidup bergerombol menghisap darah dari
dinding usus inangnya. Orang yang terinfeksi cacing tambang akan menyebabkan
anemia.
4 . Penyakit yang disebabkan oleh virus antara
lain ........
A . kolera D . tetanus
B . cacar E . pes
C . tifus
Kunci : B
Penyelesaian :
Mikroorganisme
yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia di antaranya adalah
:

Berikut tabel bermacam-macam penyakit dan
penyebabnya :
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 2

5 .
Perhatikan nama-nama tumbuhan berikut !
1. kelapa gading 4. lontar
2. kelapa hijau 5. kelapa kopyor
3. pinang merah 6. aren
Kelompok tumbuhan yang termasuk
keanekaragaman tingkat jenis adalah .......
A . 1 - 2 - 3
|
D . 2 - 3 - 5
|
B . 1 - 2 - 5
|
E . 2 - 5 - 6
|
C . 2 - 3 - 4
Kunci : B
Penyelesaian :
Keanekaragaman
hayati menunjukkan terdapatnya berbagai variasi bentuk, penampakan, jumlah,
ukuran, dan sifat-sifat lainnya, yang terlihat pada tingkat yang berbeda-beda.
Keanekaragaman makhluk hidup dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :
1.
Keanekaragaman genetik
Gen merupakan substansi dasar yang mengendalikan
ciri dan sifat suatu makhluk hidup. Keanekaragaman genetik pada makhluk hidup
dapat ditunjukkan dengan adanya
variasi dalam satu spesies/jenis
yang terjadi secara alami atau buatan. Contoh :
-
pada
jenis kelapa : kelapa gading, kelapa kopyor, kelapa hijau, kelapa hibrida.
-
pada
jenis salak : salak bali, salak pondoh, salak condet, salak sleman.
-
pada
jenis sapi : sapi bali, sapi madura dan lain-lain.
2.
Keanekaragaman jenis
Setiap jenis
makhluk hidup terbentuk oleh kecocokan kandungan gen yang mengatur sifat-sifat
menurun pada jenis tersebut dengan lingkungan tempat hidupnya. Karena
tempat-tempat jenis itu beranekaragam, maka jenis yang dihasilkannya pun akan

Ebtanas/Biologi/Tahun
2001
|
3
|
3.
Keanekaragaman ekosistem
Ekosistem
adalah tempat di mana makhluk hidup saling berinteraksi dengan lingkungannya
dalam suatu tempat dan kurun waktu tertentu. Sebuah ekosistem terdiri atas
komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (air, tanah, udara, pH,
salinitas dll).
Perbedaan
komponen-komponen biotik dan abiotik akan membentuk macam-macam tatanan yang
berbeda pula, maka ekosistem yang dihasilkan akan sangat beraneka ragam.
Contoh
:
-
kelapa
menempati ekosistem pantai
-
lontar
menempati ekosistem tempat kering
-
aren
menempati ekosistem pegunungan basah dll.
6 . Perhatikan bentuk-bentuk dan organisasi
bakteri berikut !

Bakteri yang termasuk jenis streptokokus
dan spirillium adalah .......
A . 1 dan 2 D . 2 dan 4
B . 1 dan 3 E . 3 dan 5
C . 2 dan 3
Kunci : D
Penyelesaian :
Berdasarkan bentuknya, bakteri dibagi
menjadi 3 kelompok besar, yaitu :
1.
|
Basil (bacillus = batang)
|
bentuknya memanjang
|
2.
|
Kokus (coccus = bola)
|
bentuknya bulat
|
3.
|
Spiril (spirillium =
spiral)
|
bentuknya
bengkok-bengkok
|
Bakteri
hidupnya ada yang soliter (sendiri) dan ada pula yang hidup berkoloni dengan
berbagai variasi bentuk koloni sehingga pembagian di atas pun dikelompokkan
lagi. Skema pembagian bakteri berdasarkan bentuknya :

Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 4

alternatif berprotein tinggi adalah .......
A . Nostoc sp. D . Spirullina sp.
B . Azolla pinnata E . Gloecapsa sp.
C . Anabaena azollae
Kunci : D
Penyelesaian :
Spirullina
merupakan
salah satu jenis alga biru/Cyanophyceae bersel satu yang hidupnya berkoloni.
Alga ini
mampu menghasilkan zat organik (karbohidrat, protein) yang cukup potensial.
Alga ini berperan dalam pembuatan protein sel tunggal (PST) yang merupakan
sumber makanan alternatif, karena mampu membelah/berproduksi secara cepat dan
menghasilkan zat makanan bergizi cukup tinggi yang sangat diperlukan oleh
tubuh.
-
Nostoc Sp dan Anabaena azollae jenis
alga biru juga yang berperan dalam proses pengikatan/fiksasi nitrogen (N
2 ) bebas
dari udara dan
mengubahnya menjadi Nitrat.
- Azolla pinnata (paku air) yang hidup
bersimbiosis dengan Anabaena azollae.
8 . Ciri-ciri dan habitat yang cocok untuk hewan
dari kelas Crustaceae adalah .......

A . A D . D
B . B E . E
C . C
Kunci : A
Penyelesaian :
Crustaceae
(udang-udangan) adalah kelompok hewan yang termasuk ke dalam phyllum
arthropoda. Arthropoda adalah hewan berbuku-buku yang jumlahnya paling banyak
di antara semua hewan, ± 80% hewan yang ada di bumi adalah Arthropoda.
Arthropoda dikelompokkan menjadi 4 kelas, yaitu :
1) Crustaceae
2) Arachnoideae
3) Myriapoda
4) Insecta
Berikut tabel perbandingan ciri-ciri
anggota hewan Arthropoda :
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 5

9 .
Jamur yang membuat spora dalam basidium
ditunjukkan oleh gambar .......
A . (1)
|
D . (4)
|
B . (2)
|
E . (5)
|
C . (3)
Kunci : D
Penyelesaian :
Ciri dari sifat jamur :
-
tubuhnya
tersusun dari benang-benang hifa
-
kebanyakan
multiseluler tapi ada juga yang uniseluler
-
tidak
mempunyai klorofil
-
habitat
di berbagai tempat sebagai parasit atau saprofit reproduksi :
a. secara vegetatif/aseksual
: dengan spora (sporangiospora), tunas, konidia, fragmentasi
b.
secara
generatif/seksual : dengan konyugasi dan spora generatif
Spora
generatif adalah spora yang terbentuk karena adanya peleburan dua sel atau
hifa. Yang termasuk spora generatif adalah :
- zygospora
- askospora yang dibentuk dalam askus
-
basidiospora yang
dibentuk dalam basidium Jamur dibagi menjadi 5 subdivisio, yaitu :
1.
Oomycotina

Ebtanas/Biologi/Tahun
2001
|
6
|
- vegetatif koospora
- generatif oospora
Contoh : Saprolegnia dan Phytophtora sp
2. Zygomycotina
Reproduksi :
- vegetatif
|
spora
dalam sporangium
|
|
|
- generatif
|
zygospora
|
|
|
Contoh : Rhyzophus sp (ditunjukkan oleh
gambar soal option A)
|
|||
3.
Ascomycotina
|
|
|
|
Reproduksi :
|
|
|
|
- vegetatif
|
spora tunas, konidia,
fragmentasi
|
||
- generatif
|
pembentukan askospora dalam askus
|
||
Contoh :
|
|
|
|
- Penicillium sp
|
ditunjukkan oleh gambar soal option B
|
||
- Aspergillus sp
|
ditunjukkan oleh gambar soal option C
|
||
- Sacharomyces sp
|
ditunjukkan oleh gambar soal option D
|
||
4. Basidiomycotina
|
|
|
|
Reproduksi :
|
|
|
|
- vegetatif
|
tunas
|
|
|
- generatif
|
pembentukan basidiospora
dalam basidium
|
||
Contoh :
|
|
|
|
- Volvariella volvaceae (jamur merang)
|
ditunjukkan oleh
gambar soal option E
|
- Auricularia polytrica
(jamur kuning)
5.
Deuteromycotina
Reproduksi :
- vegetatif konidia
- generatif belum diketahui
Contoh : Monilia stophyla (jamur oncom)
10 . Macam-macam tanaman dalam sebuah ekosistem :
1.
|
Rumput
3. Likenes 5. Perdu
|
2.
|
Pohon
4. Lumut
|
Bila ekosistem tersebut. merupakan hasil
suksesi, urutan tanaman yang muncul sehingga
terbentuk komunitas klimaks adalah .......
A . 1, 3, 4, 2, dan 5 D . 3, 4, 1, 5, dan 2
B . 1, 4, 3, 5, dan 2 E . 4, 3, 1, 5, dan 2
C . 3, 1, 4, 2, dan 5
Kunci : D
Penyelesaian :
Sebuah
ekosistem sifatnya tidak tetap, tetapi selalu mengalami pertumbuhan yang
dinamik. Bahkan dapat berubah dari satu ekosistem ke ekosistem lainnya.
Perubahan langsung dalam komposisi dan asosiasi biologi serta sifat-sifat
ekosistem lingkungan disebut suksesi ekologi. Akhir dari suksesi adalah
terbentuknya komunitas dengan komposisi jenis yang relatif tetap dan stabil,
dalam arti mencapai keseimbangan dengan lingkungannya yang disebut komunitas
klimaks.
Suksesi ada 2 macam, yaitu :
1.
Suksesi primer
- karena gejala alam
(seperti gunung meletus, banjir, longsor dll.)
- komunitas asal rusak
total tumbuh komunitas baru
2. Suksesi sekunder
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 7

-
tidak
mengakibatkan rusak total
Contoh : - Peristiwa letusan gunung
Krakatau
- Peristiwa letusan gunung Galunggung,
gunung Batur dll.
Ekosistem
yang terbentuk sekarang di daerah tersebut di atas merupakan hasil suksesi,
urutan tanaman yang muncul sehingga terbentuk komunitas klimaks, adalah sebagai
berikut :

11 . Meningkatkan kadar karbon dioksida (CO 2 ) di udara dapat
menyebabkan .......
A . terbentuknya hujan
asam D . penurunan suhu udara
B . terjadinya efek rumah
kaca E . korosi pada logam
C . rusaknya lapisan ozon
Kunci : B
Penyelesaian :
CO 2 dalam
kadar tertentu (normal 0,03%) memegang peranan yang sangat penting dalam
menghangati bumi. Tetapi sejak revolusi industri sampai sekarang, kadar CO 2 di
atmosfer terus meningkat sebagai hasil pembakaran bahan bakar minyak bumi. Jika
kadar CO 2 di udara melebihi 10% akan mengakibatkan gangguan
penglihatan, pendengaran, dan pingsan setelah berada satu menit dalam kondisi
tersebut. Di udara CO 2 dapat berkondensasi
dengan
partikel-partikel lain membentuk awan (lapisan) yang mempunyai sifat seperti
kaca, yaitu dapat ditembus oleh energi cahaya tetapi menahan panas. Akibatnya
energi cahaya matahari sampai ke bumi, ketika dipantulkan ke atmosfer akan
tertahan oleh awan, sehingga dipantulkan kembali ke bumi. Hal ini menyebabkan
peningkatan suhu secara global di atmosfer bumi dan mengubah pola cuaca di
seluruh dunia.
Peristiwa ini dikenal dengan efek rumah
kaca (Greenhouse Effect).
- Terbentuknya hujan asam
disebabkan karena meningkatnya kadar SO 2 dan NO 2
(Nitrogen oksida) yang
berdampak mengakibatkan kematian mikroorganisme tanah, air, hewan, tumbuhan, pH
meningkat serta dapat mempercepat proses korosi.
- Rusaknya lapisan ozon (O 3 )
disebabkan oleh polutan CFC 5 (chloro
fluoro carbons). Gas CFC 5 sukar terurai dan jika masuk ke
atmosfer bumi, akan mampu
mengikat
lapisan ozon, sehingga merusak lapisan ozon yang berakibat menurunnya kapasitas
perlindungan dari radiasi sinar ultraviolet dan juga berperan dalam menaikkan
suhu udara.
12 . Agar sumber daya alam hayati (SDAH) dapat
dimanfaatkan dalam jangka panjang, faktor
yang perlu diperhatikan adalah .......
A . SDAH
perlu dikelola untuk memperoleh manfaat bagi sekelompok manusia B . pemanfaatan
SDAH semaksimal mungkin
C .
pembinaan sikap serasi dengan lingkungan diadakan di sekolah saja D .
eksploitasi SDAH harus diatur menurut batas daya regenerasinya
E . pembatasan produktivitas SDAH
Kunci : D
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 8

Sumber
daya alam hayati (SDAH) merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Hal
ini disebabkan karena mempunyai daya reproduksi/berkembang biak dan daya
regenerasi. Meskipun sumber daya alam hayati digunakan berkali-kali namun dapat
diperbaiki melalui proses alami, yaitu proses reproduksi. Misalnya, pohon yang
ditebang untuk keperluan tertentu dapat diganti dengan pohon baru melalui
proses reproduksi alamiah. Demikian pula jenis hewan tertentu yang mati karena
dikonsumsi manusia dapat tergantikan oleh proses perkembangbiakan. Akan tetapi
jika eksploitasi SDAH ini tidak mempertimbangkan segi kelestariannya (melampaui
kemampuan berkembang biak/batas daya regenerasinya) dan tidak dilakukan
pembudidayaan, maka SDAH ini mungkin menjadi tidak dapat diperbaharui dalam
waktu singkat dan bahkan dapat punah.

13 .
Pada gambar pertumbuhan batang di atas,
daerah yang paling banyak terdapat auksin
adalah ......
A . 1
|
D . 4
|
B . 2
|
E . 5
|
C . 3
Kunci : A
Penyelesaian :
Auksin adalah
senyawa asam asetat dengan gugus indol beserta derivatnya.
Pusat
pembentukkan auksin adalah pada ujung koleoptil (pucuk tumbuhan). Jika terkena
sinar matahari, auksin akan berubah menjadi senyawa yang menghambat
pertumbuhan. Hal inilah yang menyebabkan batang akan membelok ke arah datangnya
cahaya, karena bagian yang tidak terkena cahaya pertumbuhannya lebih cepat
daripada bagian yang terkena cahaya.

14 .
Dari skema lapisan embrio hewan
triploblastik berikut, lapisan X akan berkembang
menjadi .......
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 9

B . jaringan otot dan gonad
C .
saluran pencernaan dan gonad D . saluran dan kelenjar pencernaan E . ginjal dan
salurannya
Kunci : D
Penyelesaian :
Dari skema, lapisan embrio hewan
triplo-blastik tersusun atas 3 lapisan, yaitu :
1.
Lapisan
ektoderm, yaitu lapisan terluar pembentuk organ-organ :
-
otak,
sistem saraf spinal dan alat-alat panca indera.
2.
Lapisan
mesoderm, yaitu lapisan tengah pembentuk :
-
pembuluh
darah, alat-alat ekskresi, ginjal, alat-alat kelamin, otot dan rangka.
3.
Lapisan
endoderm, yaitu lapisan dalam pembentuk :
-
alat-alat
pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan.
15 . Contoh gerak tropisme pada tumbuhan adalah
.......
A . ujung
batang tumbuh membelok ke arah cahaya B . menutupnya daun majemuk karena
sentuhan
C .
chlamidomonas berenang menuju sumber cahaya D . membukanya bunga pada waktu
tertentu
E . gerakan spermatozoid menuju ke sel
telur
Kunci : A
Penyelesaian :
Ujung batang tumbuh membelok ke
arah cahaya.
Gerak
Tropisme adalah gerak tidak bebas bagian tubuh mendekati atau menjauhi
rangsang. (Rangsang dapat berupa: cahaya matahari, gaya gravitasi bumi,
sentuhan, lingkungan berair, bahan-bahan kimia, panas/suhu, pengaruh listrik).
16 . Pada saat otot berkontraksi, terjadi proses
kimiawi yang membebaskan energi dengan
persamaan reaksi .......
A .
glukosa + O 2
|
CO 2 + H 2 O +
E
|
|
B . ATP
|
ADP + P + E
|
|
C . ATP
|
AMP + P + E
|
|
D
. ATP + O 2
|
ADP + P + E
|
|
E . ADP
|
ATP + P + E
|
|
Kunci : B
|
|
|
Penyelesaian :
ATP ADP + P + E
Untuk
kontraksi otot diperlukan banyak energi dan oksigen. Sumber energi untuk
kontraksi otot tersebut adalah senyawa adenosin trifosfat atau ATP dan kreatin
fosfat. Kedua senyawa tersebut mengandung energi tinggi dan terdapat pada
setiap sel otot.
Bila
kedua senyawa tersebut terurai, maka akan dibebaskan sejumlah energi dan
sejumlah gugusan fosfat. Energi yang dibebaskan tersebut.akan digunakan untuk
kontraksi otot.
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 10

Pernyataan yang dapat membedakan peristiwa
difusi dan osmosis adalah .......
A . A D . D
B . B E . E
C . C
Kunci : A
Penyelesaian :
Difusi adalah
perpindahan zat dari pekat ke encer tanpa melalui membran. Osmosis adalah
perpindahan air dari encer ke pekat melalui membran semi permeabel.
18 . Jika dalam darah seseorang terdapat
aglutinogen B dan aglutinin a, orang tersebut
mempunyai golongan darah .......
A . A D . O
B . B E . A atau AB
C . AB
Kunci : B
Penyelesaian :

19 . Jenis sel darah putih yang berfungsi untuk
meningkatkan kekebalan tubuh terhadap kuman
penyakit adalah .......
A . eosinofil D . monosit
B .
basofil E .
limfosit
C . neutrofil
Kunci : E
Penyelesaian :
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 11

20 .
Jika menu makanan sehari-hari tidak mengandung selulosa, kemungkinan
orang tersebut
akan menderita .......
A . apendisitis D . diare
B . gastritis E . peritonitis
C . konstipasi
Kunci : E
Penyelesaian :
Konstipasi
atau
sembelit adalah gangguan pada sistem pencernaan di mana gerakan peristaltik
dinding usus sangat lambat, dengan demikian maka dorongan makanan juga menjadi
lambat. Penyerapan air cukup tinggi, menyebabkan feses menjadi keras, dan untuk
mengurangi hal ini, dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang
mengandung serat-serat selulosa.
21 .
Fungsi kantong udara pada burung waktu terbang adalah .......
A . memperkecil rongga
dada D . memperkeras suara
B . memperbesar rongga
dada E . melindungi alat-alat
dalam
C . membantu pernafasan
Kunci : C
Penyelesaian :
Fungsi kantong udara ialah sebagai alat
untuk :
a. membantu pernafasan,
terutama pada waktu terbang
b.
membantu
membesarkan ruang siring, sehingga dapat memperkeras suara
c. menyelubungi alat-alat
dalam dengan rongga udara untuk mencegah kedinginan
d. mencegah hilangnya panas
badan yang terlalu besar
e. memperbesar atau
memperkecil berat jenis tubuh pada waktu burung terbang.
22 .
Berikut ini adalah gangguan pada sistem pernafasan :
1.
Faringitis
2.
Rinitis
3.
Bronkitis
4.
Asma
5.
Diphteri
Gangguan yang disebabkan oleh infeksi
bakteri adalah .......
A . 1, 2, dan 3
|
D . 2, 3, dan 4
|
B . 1, 3, dan 5
|
E . 3, 4, dan 5
|
C . 1, 4, dan 5
|
|
Kunci : B
|
|
Penyelesaian :
|
|
Gangguan pada sistem pernafasan yang
disebabkan oleh infeksi bakteri adalah :
|
|
|
|
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001
|
12
|
b.
tonsilitis
d. pneumonia f. diphteri
23 . Perhatikan gambar penampang kulit berikut !

Bagian yang berfungsi menghasilkan zat sisa
berupa keringat adalah .......
A . 1
|
D . 4
|
B . 2
|
E . 5
|
C . 3
Kunci : E
Penyelesaian :
Keterangan gambar :
1.
ujung
rambut
2.
lubang
(pori) saluran keringat
3.
kelenjar
minyak
4.
otot
penegak rambut
5.
kelenjar
keringat
24 . Bila pada tes urine seseorang dengan
menggunakan reagen Biuret diperoleh warna ungu,
dapat diduga bagian ginjal yang mengalami
kelainan adalah .......
A . glomerulus D . tubulus kontortus
B . kapsula Bowmann E . vesika urinaria
C . badan Malpighi
Kunci : C
Penyelesaian :
Test
urine dengan menggunakan reagen biuret diperoleh warna ungu, berarti positif di
dalam urine mengandung protein. Hal ini merupakan suatu gejala kerusakan alat
filtrasi di dalam ginjal. Filtrasi atau penyaringan terjadi di badan malphigi.
25 . Perhatikan lengkung reflek berikut !
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 13

Fungsi pada bagian yang bertanda (X) adalah
.......
A . menerima rangsangan luar
B .
membawa rangsang ke sistem saraf pusat (otak) C . tempat terjadinya konduksi
dari rangsang
D . mengirim rangsang dari otak
E . bagian yang berfungsi untuk merespon
rangsang
Kunci : C
Penyelesaian :
Keterangan
gambar : X ialah sinapsis
Konduksi
dapat terjadi karena adanya loncatan listrik yang disebabkan karena antara
neuron satu dengan yang lain terdapat jarak yang disebut sinapsis.

26 .
Bagian "X" merupakan reseptor
........
A . dingin D . nyeri
B . tekanan E . panas
C . sentuhan
Kunci : D
Penyelesaian :
Keterangan gambar :
X ialah reseptor sakit/nyeri.
27 . Kadar gula dalam darah dapat diturunkan oleh
hormon yang dihasilkan oleh kelenjar .......
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 14

B . adrenal E . thymus
C . tiroid
Kunci : A
Penyelesaian :
Kelenjar
pankreas menghasilkan hormon insulin yang berfungsi menurunkan kadar gula
darah. Proses ini sekaligus diikuti penimbunan glikogen di hati.
28 . Di bawah ini merupakan tahapan proses
pembuahan :
1.
terbentuk
buluh serbuk sari
2.
terbentuk
beberapa embrio (Poliembrioni)
3.
sperma
membuahi sel telur
4.
terjadi
satu kali pembuahan
5.
terbentuk
zigot yang diploid
Yang membedakan pembuahan tunggal dengan
pembuahan ganda adalah ........
A . 1 dan 3 D . 2 dan 5
B . 1 dan 5 E . 3 dan 4
C . 2 dan 4
Kunci : C
Penyelesaian :
Yang membedakan pembuahan tunggal dengan
pembuahan ganda :

29 .
Dengan memperhatikan skema peranan hormon
pada menstruasi, saat yang tepat untuk
terjadinya fertilisasi ditunjukkan oleh
yang berlabel .......
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 15

B . B E . E
C . C
Kunci : D
Penyelesaian :
Peristiwa menstruasi dapat dibedakan
menjadi beberapa fase :
a. Fase Menstruasi
Hormon
yang memegang ,peranan hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini mengalami
reduksi secara mendadak,.yang berlangsung pada lima hari pertama menstruasi
endometrium terlepas.
b.
Fase Praovulasi
Hormon
yang berperan FSH dan LH yang merangsang sel-sel folikel untuk menghasilkan
hormon estrogen dan progesteron. Endometrium terbentuk kembali.
c. Fase Ovulasi
Terjadi
pada hari ke empat belas dari waktu menstruasi yang berkisar antara 24 - 35
hari. Kadar estrogen tinggi sehingga produksi FSH terhambat, dan LH dihasilkan
akibatnya ovulasi terjadi.
d. Fase Pasca ovulasi
Fase ini
merupakan waktu antara ovulasi dan menstruasi berikutnya LH merangsang korpus
luteum sehingga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. FSH cenderung
naik, LH menurun dan progesteron naik. Bila terjadi pembuahan atau fertilisasi,
maka progesteron dan estrogen tetap dipertahankan.
e. Darah
Bila tidak terjadi pembuahan dan implantasi, maka
korpus luteum akan berubah menjadi korpus albikaus dan kadar estrogen dan
progesteron menurun.
30 . Penyebaran tumbuhan yang mempunyai alat
perkembangbiakan kecil dan mengandung
lemak dapat dibantu oleh .......
A . angin D . serangga
B . burung E . air
C . kelelawar
Kunci : D
Penyelesaian :
Cara
pemencaran tumbuhan dapat dibedakan berdasarkan faktor luarnya, macamnya adalah
sebagai berikut :
a.
Anemokori ialah pemencaran yang
dibantu oleh angin. Ciri alat pemencaran adalah :
1)
biji
kecil dan ringan
2)
biji berbulu atau berambut
3)
biji
bersayap
4)
buah
bersayap
b.
Hidrokori ialah pemencaran yang
dibantu oleh air. Ciri alat pemencaran adalah :
1)
biji
ringan
2)
struktur
buah dilindungi oleh 3 lapisan kulit : eksokarp, mesokarp, dan endokarp.
c. Zookori ialah pemencaran yang
dibantu oleh hewan :
1)
omitokori, pemencaran yang terjadi dengan bantuan
burung. Ciri alat pemencaran : biji tidak dapat dicerna.
2)
kiropterokori; pemencaran yang terjadi dengan
bantuan kelelawar. Ciri alat pemencaran: buah berdaging
3)
entomokori,
pemencaran yang terjadi dengan bantuan serangga.
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 16


31 .
Pada struktur membran plasma ini, manakah
bagian yang terdiri dari lipida dan karbohidrat
........
A . I D . IV
B . II E . V
C . III
Kunci : B
Penyelesaian :
Keterangan gambar :
I. protein perifer
II. glikolipida
III. gliko protein
IV. protein membran
V. protein integral
32 . Berikut ini adalah tabel nilai osmosis
sel-sel akar kacang tanah.

Transportasi cairan yang harus dilakukan
secara transport aktif adalah dari .......
A . epidermis ke korteks 1
B .
lapisan korteks 1 ke korteks 2 C . lapisan korteks 3 ke korteks 4 D . lapisan
korteks 4 ke korteks 5 E . lapisan korteks 5 ke endodermis
Kunci : E
Penyelesaian :
Perhatikan tabel pada soal !
Transportasi
cairan pada sel-sel akar dari epidermis ke korteks 1 Lapisan korteks 1 ke
korteks 2
Lapisan
korteks 3 ke korteks 4 Lapisan korteks 4 ke korteks 5
Terjadi
osmosis biasa karena tidak memerlukan ATP (energi). Tapi dari lapisan korteks 5
ke endodermis dilakukan secara transport aktif karena dari nilai osmotik tinggi
ke nilai
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 17

33 . Perhatikan gambar pembelahan mitosis berikut
!

Tahap pembelahan mitosis tersebut adalah
.......
A . 1 = profase, 2 = anafase
B . 1 = telofase, 2 = profase
C . 2 = profase, 3 = metafase
D . 2 = metafase, 2 = anafase
E . 3 = anafase, 1 = metafase
Kunci : C
Penyelesaian :
Keterangan gambar :
Nomor 1. Profase akhir
Nomor 2. Profase awal
Nomor 3. Metafase
34 . Perhatikan bagan meiosis berikut ini !

Reduksi kromosom terjadi pada tahapan
.......
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 18

B . B E . E
C . C
Kunci : C
Penyelesaian :
Keterangan gambar :
A = Profase I, jumlah kromosom 2n
B = Metafase I, jumlah kromosom 2n
C = Telofase I, jumlah kromosom n
C 1 = Metafase II, jumlah kromosom 2n
D = Telofase II, jumlah kromosom n
E = sel anak hasil meiosis dengan jumlah
kromosom n
35 . Contoh enzim dan hasil kerjanya yang berperan
dalam metabolisme sel adalah .......
A . maltase, pembentukan maltosa
B . katalase, menguraikan peroksida air
C . protease, pembentukan protein
D . lipase, menguraikan lemak
E . glukase, pembentukan glukosa
Kunci : C
Penyelesaian :
-
maltase,
mengubah maltosa menjadi 2 mol glukosa
-
protease
mengubah protein menjadi dipeptida
-
lipase
mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
- katalase menguraikan H 2 O 2 H 2 O + O 2
Jadi protease membentuk protein dari ikatan
peptida menjadi palipeptida di ribozom.
36 . Hubungan yang paling tepat antara respirasi,
tempat terjadinya, dan hasil yang diperoleh
adalah .......

A . A D . D
B . B E . E
C . C
Kunci : C
Penyelesaian :
Perhatikan tabel tahapan respirasi di bawah
ini !

Pada transfer elektron mendapatkan 34 ATP
itu berasal dari 10 NADH dan FADH
37 . Dari gambar struktur kloroplas berikut ini,
tempat terjadinya reaksi terang pada proses
fotosintesis ditunjukkan oleh bagian
.......
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 19

A . 1
|
D . 4
|
B . 2
|
E . 5
|
C . 3
Kunci : C
Penyelesaian :
Keterangan gambar :
1.
butir
tepung
2.
ribosom
3.
tilakoid
dalam grana
4.
DNA
5.
stroma
Reaksi terang terjadi pada tilakaoid
(grana).
38 .
Perbedaan antara kemosintesis dan fotosintesis terletak pada .......
A . tempat, sumber energi, dan tahapan
reaksi
B . tempat, sumber energi, dan sumber
karbon
C . hasil respirasi, tempat, dan sumber
karbon
D . hasil respirasi, tempat, dan bahan baku
E . hasil respirasi, sumber energi, dan
tahapan
Kunci : A
Penyelesaian :

39 .

Ebtanas/Biologi/Tahun
2001
|
20
|
|
|
||
A . homolog
|
D . telosentrik
|
|
|
B . sub metasentrik
|
E . metasentrik
|
|
|
C . akrosentrik
|
|
|
|
Kunci : E
|
|
|
|
Penyelesaian :
|
|
|
|
Perhatikan gambar
kromosom, bila melihat panjang lengan dari sentromer, lengan tersebut
|
|||
mempunyai panjang yang sama. Ini berarti
bentuk kromosom metasentrik.
|
|
||
40 . Lambang untuk gugusan gula =
|
; fosfat =
|
; basa nitrogen =
|
.
|



Rangkaian satu nukleotida ditunjukkan oleh
gambar .......

A .
B .
C .
D .
E .

Kunci : C
Penyelesaian :



Lambang untuk
gugusan gula = ; fosfat = ; basa nitrogen = satu
nukleotida tersusun atas fosfat, gula dan
basa nitrogen.
41 . Bulu pada populasi kelinci dipengaruhi oleh gen alela
ganda dengan urutan dominasi sebagai berikut : W > w ch > w h > w. W
= normal, w ch = chincilla, w h =
himalaya, w = albino. Perkawinan kelinci chincilla (w chw) dan (w ch w h )
kemungkinan menghasilkan keturunan .......
A .
chinchilla semua B . himalaya semua
C .
chinchilla : himalaya = 3 : 1 D . chinchilla : himalaya = 1 : 1
E . normal : chinchilla : himalaya = 1 : 2
: 1
Kunci : C
|
|
|
Penyelesaian
:
|
|
|
P
|
: w ch ><
|
w chw h
|
gamet
|
: w ch , w
|
w ch ,w
|
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 21

Jadi perbandingan fenotip turunannya antara
chinchilla : himalaya = 3 : 1
42 . Perhatikan tabel berikut !

Bila
rantai DNA yang melakukan transkripsi mempunyai urutan basa nitrogen SAS SAT
ATG TST SSA, rangkaian asam amino yang terbentuk dalam sintesis protein adalah
nomor .......
A . 2 - 3 - 5 - 6 - 7
|
D . 5 - 6 - 3 - 7 - 2
|
B . 3 - 4 - 1 - 2 - 5
|
E . 6 - 5 - 7 - 3 - 1
|
C . 5 - 6 - 4 - 2 - 1
Kunci : C
Penyelesaian :
Urutan
asam amino yang dibentuk : ARN duta, GUG GUA UAS AGA GGS. Untuk menentukan asam
amino, lihat soal : valin, leusin, tirosin, arginin, glisin.
43 . Tanaman sejenis gandum berkulit hitam (Hh Kk) disilangkan
dengan yang berkulit kuning (hh Kk). Jika gen 14 = hitam epistasis terhadap gen
K = kuning, perbandingan fenotip hitam : kuning : putih yang muncul pada
keturunannya adalah .......
A . 2 : 1 : 1
|
D . 4 : 3 : 1
|
|
B . 2 : 2 : 1
|
E . 6 : 2 : 2
|
|
C . 4 : 2 : 2
|
|
|
Kunci : D
|
|
|
Penyelesaian :
|
|
|
P
|
:
Hh Kk >< hh Kk
|
|
gamet :
HK, Hk, hK, hk, dan hK, hk

Perbandingan fenotif ; hitam : kuning :
putih = 4 : 3 : 1.
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 22

Diagram di atas menunjukkan terjadinya
peristiwa .......
A .
|
gagal berpisah
|
D . ploidi
|
B .
|
pindah silang
|
E . pautan
|
C .
|
terpaut seks
|
|
Kunci : E
Penyelesaian :
Perhatikan gambar !
Genotif
pada gambar adalah, Aa Bb setelah mengalami gametogenesis hanya menghasilkan 2
macam gamet (AB, ab), ini berarti gen-gen tersebut terdapat dalam satu kromosom
atau terjadi pautan.
45 . Pada lalat buah gen pembawa sifat G = badan warna kelabu,
g = badan warna hitam, L = sayap panjang, l = sayap pendek. Hasil uji silang
lalat badan kelabu sayap panjang (heterozigot) dengan lalat yang badannya hitam
sayap pendek didapatkan keturunan sebagai berikut :
1.
badan
kelabu sayap panjang 96 ekor
2.
badan
hitam sayap pendek 94 ekor
3.
badan
hitam sayap panjang 20 ekor
4.
badan
abu-abu sayap pendek 18 ekor
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan
bahwa gen-gen tersebut terdapat pada
kromosom yang .......
A . tidak
sama dan tidak terjadi pindah silang B . berbeda dan terjadi pindah silang
C . sama
dan tidak terjadi pindah silang D . sama dan terjadi pindah silang
E . berbeda dan terjadi pautan dan pindah
silang
Kunci : D
|
|
|
|
|
||
Penyelesaian :
|
|
|
|
|||
P
|
:
|
Gg Ll
|
><
|
ggll
|
|
|
g
|
:
|
Gl,
Gl, gl, gl
|
|
gl
|
|
|
F1 :
|
Gl
|
Gl,
|
gL
|
gl
|
|
|
gl
|
|
GgLl
|
Ggll
|
ggll
|
ggll
|
|
|
|
|
1
|
3
|
4
|
2
|

Dengan
melihat jumlah kombinasi parental lebih besar dari kombinasi baru. Ini berarti
gen-gen tersebut terdapat pada kromosom yang sama dan terjadi pindah silang.
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 23

Kromosom penentu jenis kelamin pada
Drosophila ditunjukkan oleh nomor .......
A . 1 dan 2 D . 2 dan 4
B . 1 dan 3 E . 3 dan 4
C . 2 dan 3
Kunci : E
Penyelesaian :
Gambar struktur kromosom Drosophyla
Melanogaster
Keterangan gambar :
1.
Kromosom
tubuh (Autosom)
2.
Kromosom
tubuh (Autosom)
3.
Kromosom
kelamin/Seles (gonosom)
4.
Kromosom
kelamin/ Seles (gonosom)
Pada
nomor 3 kromosom kelamin menunjukkan kromosom kelamin yang X Pada nomor 4
kromosom kelamin menunjukkan kromosom kelamin yang Y
47 . Gen G dapat memproduksi klorofil pada tumbuhan dan
alelnya g tidak dapat memproduksi klorofil, sehingga tanaman letal dalam
keadaan homozigot. Disilangkan tanaman yang dapat memproduksi klorofil
heterozigot sesamanya. Dari turunannya akan dihasilkan tanaman yang bertahan
hidup sebanyak .......
A . 12,5 %
|
D . 75,0 %
|
B . 25,0 %
|
E . 100,0 %
|
C . 50,0 %
|
|
Kunci : D
|
|
Penyelesaian :
|
|
Bila g
dalam keadaan homozygot resesif menyebabkan tanaman tidak memproduksi klorofil
dan bersifat letal, maka perkawinan antara tanaman memproduksi klorofil
heterozygot dengan sesamanya yang bertahan hidup ada 75% dengan perhitungan
sebagai
berikut
:
|
|
|
|
P
|
:
Gg
|
><
|
Gg
|
|
ada klorofil
|
ada klorofil
|
|
gamet : G, g
|
G, g
|
|
|
F1
|
: GG, Gg, Gg, gg (letal/mati)
|
||
Kemungkinan yang bertahan hidup adalah 3 =
75 %
48 . Beberapa penyakit manusia termasuk cacat dan
penyakit bawaan antara lain .......
A . buta
warna, hemofilia, morbili, epilepsi B . polidaktili, asma, AIDS, morbili
C .
diabetes melitus, kusta, cacar, epilepsi D . albinisme, kusta, AIDS, siklemia
E . albinisme, polidaktili, siklemia,
thallasemia
Kunci : E
Penyelesaian :
Cacat dan
penyakit bawaan atau menurun pada manusia yang ditanamkan oleh orang tua
terhadap anaknya, yaitu :
1) Albanisme (Albino)
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 24

: wanita X H x h
|
|
pria x h y x h , y
|
2)
Buta
warna
3)
hemofilia
4)
Polidaletili
5)
Sielemia
6)
Thallasemia
49 . Gen hemofilia terpaut pada kromosom seks
resesif. Pada perkawinan wanita pembawa
sifat dengan pria penderita hemofilia,
kemungkinan anak-anak mereka adalah .......
A . di antara anak laki-laki, penderita
hemofilia sebesar 25 %
B . di antara anak perempuan,
penderita hemofilia sebesar 50 % C . hanya anak laki-laki yang menderita hemofilia
sebesar 50°% D . dari semua anak-anaknya, penderita hemofilia sebesar 75 °6 E .
sifat hemofilia diwariskan pada semua anak-anaknya
Kunci : A
Penyelesaian :
Penyakit menurun hemofilia terpaut pada
kromosom seles resesif.
Perkawinan
wanita pembawa sifat dengan pria penderita hemofilia didapatkan pada F1 yaitu :
1)
perempuan/wanita
pembawa sifat
2)
wanita
penderita hemofilia
3)
laki-laki
normal
4) laki-laki
penderita hemofilia Dengan perhitungan sebagai berikut :
P ><
gamet : X H , x h

Rasio genotif : X H x h : x h x h : X Hy : x h y 25% 25%
25% 25%
Rasio fenotif : - wanita pembawa
sifat (25%) X H
x h
- wanita
hemofilia (25%) x h
x h
- pria
normal (25%) X Hy
- pria
hemofili (25%) x h y
Dari hasil perkawinan tersebut di antara
anak laki-laki penderita hemofilia sebesar 25%.
50 . Berikut ini pernyataan manakah yang benar
tentang mutasi gen .......
A . Mutasi gen adalah perubahan yang terjadi pada susunan basa
nitrogen molekul RNA.
B .
Mutasi gen merupakan sumber penting untuk menghasilkan variasi genetik baru. C
. Perubahan kodon pada RNA gen, yang dapat menyebabkan perubahan pada jenis
kelamin.
D . Mutasi gen selalu dapat terdeteksi
karena bersifat resesif.
E . Mutasi yang terjadi pada suatu gen
selalu menjurus ke satu arah.
Kunci : A
Penyelesaian :
Mutasi gen
adalah perubahan yang terjadi pada susunan molekul atau susunan basa Nitrogen
molekul ADN.
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 25

Bagan di atas menunjukkan perubahan tipe
kromosom I menjadi tipe kromosom II.
Peristiwa yang menyebabkan kerusakan
kromosom ini adalah .......
A . delesi D . translokasi
B . aberasi E . katenasi
C . inversi
Kunci : C
Penyelesaian :
Gambar mutasi/perubahan struktur kromosom.
Keterangan gambar :
I. Kromosom berisi gen-gen secara berurutan (gen
A gen
I)
II. Kromosom berisi gen-gen tidak
berurutan, terjadi perubahan lokus gen :
- gen D diisi gen H - gen G diisi gen E
- gen E diisi gen G - gen F diisi gen D
Berdasarkan
gambar terjadi mutasi/perubahan struktur, kromosom yang disebut Inversi.
Inversi adalah terjadinya kromosom melilit yang menyebabkan susunan gen pada
kromosom kacau atau tidak berurutan.
52 . Perhatikan model eksperimen Stanley Miller
ini !

Tempat air mendidih, sumber daya, dan air
yang mengandung bahan organik berturut-turut
adalah .......
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 26

B . 1, 3, dan 5 E . 3, 4, dan 5
C . 2, 3, dan 4
Kunci : B
Penyelesaian :
Gambar model eksperimen Stanley Miller
Keterangan gambar :
1) air mendidih
2) pipa penyalur gas
3) sumber daya
4) pendingin
5) penampung bahan organik
53 . Berikut ini beberapa pernyataan yang
mendukung teori evolusi :
1.
Tikus berekor panjang dipotong ekornya beberapa
generasi berikutnya ekornya tetap panjang.
2.
Perubahan
suatu organisme disebabkan adanya perubahan faktor dalam yang menurun.
3.
Mutasi
merupakan salah satu mekanisme dalam evolusi.
4.
Proses
evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan.
5.
Jerapah berleher pendek berubah menjadi jerapah
berleher panjang untuk mendapatkan makanan
Pernyataan yang mendukung teori evolusi
Lamarck adalah .......
A . 1 dan 2 D . 3 dan 5
B . 1 dan 4 E . 4 dan 5
C . 2 dan 3
Kunci : E
Penyelesaian :
Teori
Evolusi Lamarck dikenal dengan paham Use and Disuse yang dapat dijelaskan
sebagai berikut :
1)
makhluk sederhana merupakan nenek moyang makhluk
yang lebih sempurna organ tubuhnya.
2)
makhluk hidup akan selalu beradaptasi dengan
lingkungannya dengan menggunakan organ tubuhnya.
3) organ
tubuh makhluk hidup yang sering digunakan akan berkembang terus sedangkan organ
yang tidak digunakan akan menghilang.
4) Perubahan
organ tubuh yang diperoleh suatu makhluk hidup akan diwariskan kepada
keturunannya.
Lihat soal
! Pernyataan teori evolusi pada nomor 4 dan 5 sesuai dengan teori Evolusi.
Lamarck pada nomor 2 dan 4.
54 .
Menurut sensus pada sebuah kota yang jumlah penduduknya 90.000 ternyata
penderita adalah 3.600 orang. Berdasarkan hal tersebut, frekuensi orang normal
yang bergenotip homozigot adalah .......
A . 0,04
|
D . 0,48
|
B . 0,2
|
E . 0,64
|
C . 0,32
Kunci : E
Penyelesaian :
Penderita albino : q² = 3600
Orang normal : p²
Menggunakan hukum Hardy dan Weinberg
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 27

p² + 2pq + q² = 90.000

p + q = 1
p + 0,2 = 1 p = 1 - 0,2
frekuensi
gen p = 0,8 frekuensi genotif : p² = 0,64
Frekuensi genotif orang normal yang
homozygot = 0,64
55 . Contoh hewan khas yang tersebar di wilayah
Neotropik adalah .......
A . burung unta dan kuda
nil D . kiwi dan platypus
B . bebek dan angsa E . musang dan kalkun
C . tapir dan kukang
Kunci : C
Penyelesaian :
Hewan-hewan
yang khas pada wilayah neotropik yaitu: kukang, tapir, burung betet, kera
berekor prehensil.
56 . Revolusi hijau terutama ditujukan untuk
meningkatkan hasil produksi tanaman .......
A . bahan
pangan B . bahan industri
C .
penghasil bahan makanan pokok D . untuk diekspor
E . penghasil obat-obatan
Kunci : C
Penyelesaian :
Revolusi
hijau adalah usaha pengembangan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi
bahan pangan, misalnya: serealia (biji-bijian), padi, jagung, gandum, dan sagu.
57 . Cara memperoleh bibit unggul ialah .......
A . penggunaan pupuk, seleksi, pengolahan
tanah
B . seleksi, mutasi, pemberantasan hama
C . hibridisasi, penggunaan pupuk,
pemberantasan hama
D . pengolahan tanah, penggunaan pupuk,
hibridisasi
E . hibridisasi, seleksi, mutasi
Kunci : E
Penyelesaian :
Beberapa cara untuk mendapatkan bibit
unggul :
1.
Seleksi
yaitu pemilihan sifat suatu makhluk sesuai dengan keinginannya.
2.
Hibridisasi atau pembastaran adalah mengawinkan
antara dua varietas yang berbeda sifatnya, tetapi masih termasuk dalam satu
species.
3.
Mutasi
adalah perubahan sifat kimia gen dan struktur kromosom yang menyebabkan
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 28

4.
Mutasi radiasi menggunakan proses radiasi bahan
radioaktif yang memancarkan sinar radioaktif
5.
Transplantasi
gen atau pencangkokan gen
6.
Kultur
jaringan adalah salah satu cara untuk memperoleh bibit unggul dengan cara
cepat.
Kultur
jaringan adalah kultur potongan jaringan yang dipisahkan dari lingkungan
alaminya dan ditanam pada media buatan secara steril.
58 . Perhatikan tabel berikut ini !

Mikroorganisme yang berperan mengubah bahan
makanan menjadi bahan makanan baru
adalah .......
A . 1 dan 3 D . 2 dan 5
B . 1 dan 4 E . 3 dan 5
C . 2 dan 4
Kunci : E
Penyelesaian :
Mikroorganisme
yang berperan mengubah bahan makanan menjadi bahan makanan baru adalah option 3
dan 5.
59 . Pemanfaatan sifat totipotensi pada tumbuhan
dalam bidang pertanian yaitu untuk .......
A . membuktikan tumbuhan dapat dilakukan
kultur jaringan
B .
meneliti kemampuan bagian tumbuhan yang mudah dikembangkan C . meningkatkan
kualitas tanaman dari jenis yang ada
D .
memperoleh bibit yang seragam dalam jumlah besar E . memperbaiki kualitas
genetis dari tumbuhan budidaya
Kunci : D
Penyelesaian :
Totipotensi
atau
berpotensi penuh adalah kemampuan sel mampu tumbuh menjadi individu
baru yang utuh dan lengkap sama seperti induknya dengan tujuan memperoleh bibit
yang seragam dalam jumlah besar.
60 . Untuk memperoleh antibodi dalam skala besar
di bidang kedokteran dapat dilakukan
dengan cara .......
A . terapi genetik D . totipotensi jaringan
B . kultur jaringan E . transplantasi gen
C . teknologi hibridoma
Kunci : C
Penyelesaian :
Teknologi
hibridoma yaitu suatu teknik penggabungan dua sel dari jaringan yang berbeda
dari organisme yang sama atau dari organisme yang berbeda bergabung bersama
menjadi satu sel tunggal. Selanjutnya sel hibrid dapat dikembangbiakkan
membentuk
bertriliun-triliun
sel, yang masing-masing sel mengandung satu sel gen yang komplit dari 2 sel
asli.
Teknologi hibridoma secara potensial
digunakan dalam pembuatan/pembentukan seperti
Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 29

Ebtanas/Biologi/Tahun
2001 30

Tidak ada komentar:
Posting Komentar